Peningkatan Sumber Daya Manusia, Digital Marketing, dan Pengelolaan Kas Pelaku UMKM Saat Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.47841/snamun.v2i2.21Keywords:
UMKM, Sumber Daya Manusia, Digital Marketing, Pengelolaan KasAbstract
Peningkatan kapasitas pelaku UMKM sangat diperlukan khususnya dalam mendukung UMKM untuk bangkit dan tetap bertahan di masa pandemic Covid-19. Paper ini mengidentifikasi beberapa permasalahan antara lain: masih banyaknya pelaku UMKM yang belum sepenuhnya memahami tentang pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki, cara memasarkan produk yang efektif dan efisien, serta pencatatan dan penghitungan kas secara sistematis. Paper ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang: 1) pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki, 2) cara memasarkan produk yang efektif dan efisien berbasis digital marketing, dan 3) kemudahan dalam pencatatan dan penghitungan kas secara sistematis. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, diskusi dan praktik singkat. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik dan penggunaan digital marketing dalam memasarkan produk yang dijual saat pandemic Covid-19 akan mendukung bisnis UMKM secara berkelanjutan khususnya menekan biaya operasional yang dikeluarkan, seperti beban gaji karyawan dan beban pemasaran. Sumber daya manusia yang dimiliki harus sesuai dengan bisnis yang dilakukan. Pelaku UMKM juga harus beralih pada digital marketing dalam strategi pemasarannya karena memiliki jangkauan yang luas, cepat dan hemat biaya sehingga sangat efektif dan efisien dalam pemasaran produk. Kondisi ini sejalan dengan penurunan penjualan produk UMKM dimasa pandemic Covid-19 memaksa UMKM harus mempercepat pemasukan kas dan menunda pengeluaran kas agar tetap bertahan. Oleh karena itu, pencatatan dan penghitungan kas menjadi penting dalam pengelolaan bisnis UMKM. Pencatatan informasi keuangan yang sistematis dan sesuai standar yang berlaku akan memudahkan UMKM dalam memperoleh bantuan dana/modal dari pihak ketiga.