Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring Fisika Melalui Google Classroom pada Materi Fluida Dinamis
DOI:
https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v2i2.27Keywords:
Evaluasi, Pembelajaran Online Fisika, Google Classroom, Fluida DinamisAbstract
Penelitian ini berfokus pada evaluasi pembelajaran daring fisika melalui aplikasi Virtual Class yaitu Google Classroom yang digunakan tenaga pendidik untuk membantu mengatasi masalah pembelajaran akibat pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan penggunaan Google Classroom pada evaluasi pembelajaran fisika materi fluida dinamis. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket yang disebarkan melalui Google Form pada Google Classsroom. Subjek penelitian yaitu 60 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoroyang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring fisika menggunakan Google Classroom kurang efektif. Hasil ini dapat dilihat dari evaluasi pembelajaran fisika pada materi fluida dinamis, dimana siswa kesulitan dalam mengerjakan soal akibat dari kurangnya memahami materi. Selain itu, banyak siswa yang telat mengumpulkan tugas dan soal ulangan yang diberikan guru, bahkan ada siswa yang tidak mengumpulkan sama sekali. Guru juga mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi fluida dinamis yang memiliki banyak persamaan dan percobaan atau praktikum. Namun di sisi lain, penggunaan Google Classroom sangat efektif untuk mengatasi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.