Penerapan eKIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Elektronik) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Perawatan Diri Penderita Hipertensi pada Masa Pandemik COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.47841/snamun.v2i2.3Keywords:
eKIE, Masa Pandemic COVID-19, Penderita HipertensiAbstract
Bencana nasional non alam COVID-19 sedang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia sehingga pelayanan hipertensi menjadi salah satu layanan yang terkena dampak baik secara akses maupun kualitas. Dalam pembatasan pelayanan di fasilitas kesehatan penderita hipertensi tetap harus dapat melakukan perawatan diri dengan baik sehingga tekanan darah dapat tetap terkontrol dengan baik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesehatan penderita hipertensi pada masa pandemik COVID-19 dengan menerapkan eKIE (komunikasi, informasi dan edukasi elektronik). Khalayak sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah 50 orang penderita hipertensi yang tergabung dalam kelompok Prolanis Klinik Panjang Medika kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu promosi kesehatan eKIE (komunikasi, informasi dan edukasi elektronik) berupa pemberian materi dan diskusi interaktif melalui whattsapp group. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Selasa dan Kamis tanggal 28 dan 30 Juli 2020 pada pukul 09.00 sd 12.00. Tempat kegiatan pengabdian ini adalah melalui media elektronik secara online dengan whattsapp group. Hasil kegiatan didapatkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan mengenai perawatan diri setelah diadakan eKIE yaitu peserta yang memiliki tingkat pemahaman baik naik dari 4% menjadi 92%; dan perilaku baik meningkat dari 6% menjadi 98%. Kesimpulan: penerapan eKIE untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku penderita hipertensi dalam perawatan diri di rumah memang dibutuhkan terutama pada masa pandemic COVID-19.