Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar pada Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Prezi di Kota Bogor

Authors

  • Elly Sukmanasa Universitas Pakuan
  • Muhammad Hadad Universitas Pakuan
  • Dadang Kurnia Universitas Pakuan
  • Tatang Muhajang Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v3i2.61

Keywords:

Pembelajaran Abad 21, Pendampingan, Aplikasi Prezi

Abstract

Pembelajaran abad 21 memiliki pengaruh dalam hal penggunaan teknologi, sehingga pembelajaran harus bersinergi dengan teknologi. Pengenalan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) memiliki dampak bagi guru dalam membuat perangkat dengan muatan teknologi.  Seorang guru harus terampil dalam mengelola kelas dengan perancangan perangkat pembelajaran yang bermuatan pendekatan TPACK. Pembelajaran dikemas dengan tujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, kreatif, mampu bekerjasma dan berkomunikasi. Salah satu permasalahan yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor adalah keterbatasan para guru yang belum memiliki kompetensi tentang penguasaan dan pemahaman dalam perancangan perangkat pembelajaran yang berbasis platform revolusi industri 4.0. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan untuk melakukan pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis aplikasi prezi pada tema selalu berhemat energi. Metode yang digunakan adalah ceramah dan drill practice. Tahapan kegiatan diawali dengan penyampaian materi pentingnya media, pengenalan aplikasi prezi, dilanjutkan dengan drill practice yang mendorong peserta melakukan praktik pembuatan bahan ajar berbasis prezi. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan 90% guru yang mengikuti kegiatan dapat membuat materi sesuai dengan indikator. Kegiatan PKM ini efektif membantu guru untuk menyusun bahan ajar berbasis teknologi khususnya berbasis aplikasi prezi.

Downloads

Published

2023-03-30