Konten Iklan Berbasis Aplikasi Canva dalam Pemasaran Online UMKM di Desa Penawangan Kecamatan Pringapus
DOI:
https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v3i2.62Keywords:
Konten, Iklan, UMKM, CanvaAbstract
Pemasaran di media sosial merupakan strategi untuk mempromosikan suatu produk. Dalam promosi juga memerlukan konten yang menarik, karena konten yang diberikan media sosial mampu menjadi daya tarik pembeli. Oleh karena itu perlu diperhatikan penggunaan konten yang tepat dalam sebuah bisnis dalam meningkatkan penjualan usaha mereka. UMKM di Desa Penawangan memiliki potensi yang unggul, namun dalam pengembangannya masih perlu ditingkatkan lagi. Keberhasilan peningkatan perekonomian desa didukung oleh beberapa elemen. Ibu Rumah Tangga, merupakan elemen penting dalam peningkatan perekonomian menuju kesejahteraan keluarga. Pelaku UMKM di Desa Penawangan didominasi oleh perempuan yang memiliki peran ganda sebagai Ibu Rumah Tangga. Pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan media pemasaran secara digital untuk meningkatkan pangsa pasar dan menjangkau konsumen secara luas serta dalam rangka mempromosikan produk pelaku UMKM melalui pembuatan konten di aplikasi Canva pada pelaku usaha di Desa Penawangan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan konten iklan melalui aplikasi Canva. Pendampingan ini menghasilkan pelaku UMKM yang dapat membuat konten iklan menarik dan mampu mengelola konten tersebut. Diharapkan dalam kegiatan pengabdian ini pelaku usaha mampu bersaing di pasar lokal dan nasional. Dengan memanfaatkan trend dalam masyarakat yang sudah beralih ke teknologi informasi, maka menjadi solusi bagi segemen konsumen. Pelaku usaha mampu menghasilkan konten melalui aplikasi Canva sehingga dapat mengembangkan usahanya dan mampu meningkatkan penjualan produk UMKM dalam memajukan usaha serta kesejahteraan masyarakat di Desa Penawangan.